Sekilas tentang situs Blogger atau Blogspot

Saya sering membaca beberapa informasi tentang situs Blogger atau Blogspot, khususnya bila platform Blogger dibandingkan dengan Wordpress. Walau saya tak sepenuhnya paham, tapi itu membantu saya memahami perkembangan situs Blogger atau Blogspot.

Berikut ini saya melakukan penelusuran tentang hal-hal yang berhubungan dengan Blogger Blog. Saya melakukannya secara acak. Artinya, tidak ada metode tertentu yang saya pakai. Saya hanya mencari tahu saja.

Tidak ada yang baru dari tulisan saya ini. Yang sudah biasa ngeblog pasti pernah menemukannya. Tapi mungkin saja yang saya catat ini luput dari perhatian para pengguna Blogger Blog.

1. Hasil pencarian dengan kata kunci Blogger.

Saya mengetikkan kata blogger di search engine Google. Aktivitas ini saya lakukan pada hari Sabtu, 14 Agustus 2020, pukul 20:35 WIB.

Saya mengetik kata dengan awalan huruf kapital, yaitu Blogger.

Hasil pencarian yang muncul sebagai berikut: Sekitar 1.230.000.000 hasil (0,76 detik)

Saya lalu mengetik kata dengan awalan huruf kecil, yaitu blogger.

Hasil pencarian yang muncul sebagai berikut: Sekitar 1.470.000.000 hasil (0,37 detik).

2. Hasil pencarian search engine Google dengan kata kunci 'Blogger' atau 'blogger'.

Hasil pencarian menghasilkan peringkat satu, yaitu Blogger. Bila diperhatikan di bagian meta description di bawah judul tertera:

“Publish your passions your way. Whether you'd like to share your knowledge, experiences or the latest news, create a unique and beautiful blog for free.”

Pada tampilan halaman muka Blogger berbahasa Indonesia tersebut, meta description di atas menjadi:

“Publikasikan tulisan Anda, sesuai selera. Buat blog yang unik dan menarik. Mudah dan gratis.”

3. Peringkat Blogger di Alexa.

Peringkat Blogger di situs yang memeriksa rank, yakni di Alexa adalah 257 (Diakses 15 Agustus 2020, pukul 23:42). Tautan peringkat Blogger di Alexa.

4. Subdomain milik Google.

Jika Anda mengunjungi hasil peringkat situs teratas Alexa untuk Blogger maka Anda akan melihat subdomain peringkat yang disebut: 2.bp.blogspot.com (tautan situs).

Situs ini ternyata adalah server. Situs ini adalah subdomain internal yang mengarah ke server internal Google. Berdasar keterangan di situs itu, Google menyimpan gambar dan foto Anda di situs tersebut bila Anda memiliki akun Google.

5. Bantuan informasi dari Blogger Blog.

Pusat Bantuan Blogger adalah pusat informasi dan panduan yang disediakan oleh tim Blogger di Google.

Ini tautan versi bahasa Indonesia untuk Pusat Bantuan Blogger Blog.

Ini tautan versi bahasa Inggris untuk Blogger Blog Help Center.

6. Komunitas Bantuan Blogger (Blogger Help Community).

Komunitas Bantuan Blogger adalah kelompok blogger atau orang-orang yang memiliki pengetahuan serta minat yang berhubungan dengan Blogger Blog. Komunitas ini bertujuan saling membantu mengenai seputar topik, isu, dan permasalahan mengenai Blogger. Melalui komunitas atau forum semacam ini para pengguna dapat belajar dari pengalaman satu sama lain.

Ini tautan versi bahasa Indonesia untuk Komunitas Bantuan Blogger.

Ini tautan versi bahasa Inggris untuk Blogger Help Community (Help Forum).

7. Blog resmi dari tim Blogger Blog.

Di blog ini (Official Blogger Blog) dapat ditemukan kiat-kiat dan berita terbaru dari tim Blogger Blog.

8. Blogger API.

Berikut ini informasi yang dituliskan pada laman developer Blogger API.

Blogger API v3 memungkinkan aplikasi-aplikasi klien untuk melihat dan memperbarui konten Blogger. Aplikasi klien Anda dapat menggunakan Blogger API v3 untuk membuat posting blog baru, mengedit atau menghapus posting yang ada, dan query for posts yang cocok dengan kriteria tertentu.

9. Kebijakan Konten Blogger (Blogger Content Policy).

Di laman Kebijakan Konten Blogger ini tim Blogger (yang tentu terkait juga dengan kebijakan Google) menyampaikan sebab dan alasan perlu adanya asas dan garis pedoman terkait isi dan jenis konten yang ditulis/disajikan dalam platform Blogger Blog.

10. Blog Ann Althouse: althouse.blogspot.com.

Blog milik Ann Althouse ini adalah salah satu blog berumur lama dari platform Blogger yang masih tetap menggunakan alamat domain blogspot. Blog ini mulai menampilkan post-nya pada tahun 14 Januari 2004. Blog ini masih aktif hingga hari ini di tahun 2020. Silakan lihat blog althouse.

Mengapa memilih situs Blogger atau Blogspot?

Blogger telah menjadi platform menulis bagi banyak orang sejak lama. Saya sendiri mulai memakai Blogger pada tahun 2009. Saya membuat beberapa blog dengan platform ini, tapi semuanya sudah hilang kecuali satu blog.

Mengapa saya masih menggunakan situs Blogger atau Blogspot untuk menulis padahal sudah banyak platform blogging atau website yang jauh lebih baik. Jawabannya sederhana:

Pertama, karena platform ini tidak berbayar atau gratis. Kedua, karena mudah digunakan dan mudah dikelola tanpa harus punya pengetahuan coding. Ketiga, karena platform ini hosting-nya ada di Google sehingga tidak ada masalah instalasi teknis, sistem, atau perangkat tertentu yang harus dikuasai.

Ada beberapa informasi lain yang masih saya telusuri. Saya akan menambahkan catatan saya ini di lain waktu.