Membuat otak tidak tumpul

Belum lama ini, saya bercakap-cakap dengan seorang sahabat. Kami bicara tentang menulis di internet. Sahabat saya itu memberi saran mengenai apa yang perlu dilakukan kalau ingin serius menekuni dunia penulisan secara online.

Dalam percakapan, sahabat saya menyatakan kalau ia senang bicara tentang buku dan penulisan karena mendiskusikan tema-tema semacam itu membuat otak menjadi tidak tumpul.

Otak merupakan salah satu bagian penting pada tubuh manusia. Setiap otak berubah seiring bertambahnya usia. Ketika usia bertambah, salah satu yang tidak dapat dihindari adalah menurunnya kemampuan kognitif. Oleh karena itu dibutuhkan aktivitas guna menjaga otak tetap bekerja secara optimal.

Setiap aktivitas yang merangsang mental dapat membantu mengembangkan fungsi otak Anda. Lakukan uji coba dengan aktivitas yang membutuhkan ketangkasan gerak taktil dan upaya mental, seperti mematung, menjahit, menganyam, menggambar, melukis, dan kerajinan lainnya. Cobalah juga bermain permainan yang mengasah otak seperti catur, puzzle, sudoku, atau teka-teki silang.

Membaca juga merupakan aktivitas sederhana yang sangat bermanfaat untuk otak. Aktivitas ini membuat Anda menggunakan mata untuk melihat dan pikiran Anda untuk memahami.

Aktivitas yang sahabat saya dan saya lakukan, yaitu berdiskusi tentang sebuah tema yang unik atau menarik, apalagi bila diskusi dilakukan dengan cerdas dan berbobot, sangat membantu mengembangkan otak.

Kegiatan lain yang sudah terbukti bermanfaat membantu otak adalah latihan fisik atau olahraga. Berolahraga secara teratur dapat memasok oksigen ke wilayah otak untuk membantu berpikir. Olahraga juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres mental, yang mana dapat membantu jantung dan otak Anda.

Otak ibarat pisau. Pisau tetap tajam kalau terus diasah. Otak juga harus diasah terus menerus agar tidak tumpul.