Bukan hanya bekerja, tetapi luangkan waktu juga untuk berimajinasi

Ketika Anda memulai suatu proyek baru berikut tahapan yang umumnya Anda lakukan:

Pertama, menetapkan tujuan-tujuan apa yang ingin Anda capai. Biasanya Anda membaginya menjadi tujuan dan sasaran dalam berbagai ukuran atau skala.

Kedua, membuat rencana. Anda membuat perencanaan mengenai langkah-langkah yang sistematis, logis untuk dilakukan, dan dapat ditindaklanjuti dalam kerangka waktu tertentu.

Ketiga, membentuk tim. Bila memungkinkan, temukan dan pilihlah orang-orang terbaik untuk membantu.

Keempat, eksekusi dan melakukan pemantauan secara terus menerus selama proses. Delegasikan tugas secara cermat. Buka jalur komunikasi untuk mengetahu apa yang terjadi selama proses. Evaluasi dan buatlah perubahan-perubaha bila diperlukan.

Apa yang saya sebutkan di atas adalah tahapan dan aksi yang umum terjadi saat melakukan proyek baru. Namun, ada hal yang penting yang mungkin dilupakan atau tidak terlihat selama melakukan aktivitas proyek, yaitu meluangkan waktu untuk berhenti sejenak di awal dan di sela-sela proses proses berlangsung.

Anda perlu memikirkan gambaran yang lebih besar tentang apa yang ingin dicapai dan konsekuensinya termasuk bila tahapan dalam proses proyek tersebut atau hasil akhirnya tidak berhasil seperti yang Anda harapkan.

Pemecahan masalah seringkali Anda peroleh bukan ketika Anda beraktivitas dan sibuk bekerja, tetapi saat Anda menyediakan waktu untuk membayangkan mengenai apa yang mungkin terjadi.