Pentingnya warna di dunia online

Bila Anda membaca sebuah website pernahkah Anda melihat bila warna dari tautan (link) pada teks memiliki warna khusus? Atau warna dari tombol (buttons) yang pasti berbeda dengan teks yang menyertainya.

Dalam dunia online, itu disebut dengan aksesibilitas web (web accessibility). Aksesibilitas web adalah tentang bagaimana membuat situs web dapat digunakan oleh semua orang termasuk orang yang memiliki disabilitas atau keterbatasan.

Praktik yang umum dari aksesibilitas web misalnya adalah warna harus memenuhi rasio kontras warna yang tepat antara teks dan latar belakang pada sebuah halaman web. Ini merupakan contoh bagaimana mendapatkan standar tingkat kontras minimum sebagaimana diatur oleh Web Content Accessibility Guidelines (WCAG).

Salah satu sumber di internet yang menyediakan pemeriksaan kontras warna adalah WebAIM. Di WebAIM ada dua pemeriksaan kontras warna.

Pertama, pemeriksa kontras standar yang berfungsi untuk menguji rasio kontras antara warna latar depan dan latar belakang. Kedua, pemeriksa kontras tautan yang berfungsi untuk memeriksa tautan-tautan yang tidak diberi garis bawah (underlined).

Tujuan dari perlunya warna yang kontras untuk tautan, label, tombol, dan lainnya pada situs web Anda adalah agar situs dan juga konten Anda dapat dikonsumsi oleh semua orang termasuk mereka yang memiliki gangguan penglihatan seperti disleksia dan buta warna.