Tentang logo

Logo bukanlah semacam promosi atau sekadar bentuk komunikasi. Logo adalah identifikasi.

Dalam sebuah acara bersama Chris Do, Sagi Haviv menyatakan ada tiga kriteria yang menentukan suatu logo itu bagus, yaitu kepantasan (appropriate), khas dan berkesan (distinctive and memorable), dan kesederhanaan (simple).

Kepantasan (appropriate) bukan berarti bahwa logo itu sekadar ekspresif. Logo harus memiliki rasa, menunjukkan semacam kepribadian. Jika itu di bidang olahraga, mungkin itu berarti berani dan dinamis; jika itu di bidang fashion, mungkin itu berarti elegan.

Khas dan berkesan (distinctive and memorable) berarti khusus, mudah diingat, sesuatu yang tak biasa dan dapat bertahan lama dalam pikiran kita. Ketika Anda melihat logo tersebut hanya sekali atau dua kali, Anda sudah dapat menggambarkannya kepada orang lain.

Kesederhanaan (simple) mungkin adalah kriteria pembuatan logo yang paling penting. Logo haruslah super super sederhana sehingga dapat direproduksi dalam berbagai bentuk, misalnya dalam ukuran yang kecil atau format pixel dan lain sebagainya.

Sebaliknya, logo yang buruk adalah sesuatu yang terlihat umum di satu sisi dan sesuatu yang terlihat terlalu rumit/kompleks di sisi lain.