Keputusan yang sulit

Bila Anda harus membuat keputusan yang sulit, Anda mungkin seperti masuk dalam situasi yang tidak adil atau terpaksa. Pilihan-pilihan yang tersedia sebagai bahan membuat keputusan bukanlah yang Anda harapkan, bahkan bisa saja Anda tidak memiliki pilihan.

Dalam proses pembuatan keputusan yang sulit, Anda bisa lelah secara mental. Kelelahan ini dapat membuat Anda merasa kehilangan kemampuan untuk menimbang bahan dan hasil dari keputusan yang Anda buat.

Selain itu, proses pembuatan keputusan yang sulit sering kali membuat Anda merasa tidak lagi dapat mengandalkan semua sumber daya yang Anda miliki.

Apa yang perlu dilakukan?

Sebagai awal, Anda perlu menyadari kalau membuat keputusan yang sulit sering kali merupakan proses yang tidak sebentar. Keputusan tersebut dapat memiliki konsekuensi jangka panjang. Ini artinya Anda perlu berpikir bukan hanya harian, tapi juga bulanan dan tahunan.

Buatlah daftar pilihan-pilihan keputusan dan skenario-skenario. Anda mungkin tidak dapat menghasilkan yang sempurna. Namun, yang utama adalah Anda sudah memikirkannya, mengumpulkannya, dan menuliskannya. Ketika nantinya Anda sudah menentukan maka Anda harus berkomitmen untuk melakukannya.