Kelompok pendukung (support group)

Kelompok pendukung (support group) adalah orang-orang yang saling bertemu untuk berbagi informasi, pengalaman, perhatian terhadap suatu isu atau masalah, dan solusi.

Pada saat ini, kelompok pendukung (support group) juga hadir secara online. Mereka saling berinteraksi melalui email, ruang chat, atau forum.

Orang-orang dalam sebuah kelompok pendukung biasanya mengadakan pertemuan secara teratur untuk saling memberikan dukungan, dorongan, nasihat, dan saran.

Melalui kelompok pendukung semacam ini, seseorang yang memiliki masalah merasa lebih nyaman berbagi pengalaman dan mengungkapkan perasaan mereka secara terbuka.

Dalam kelompok seperti ini, ada kesempatan untuk saling bicara dengan orang-orang yang pernah berada di dalam situasi yang sama. Orang-orang itu lebih mampu berempati dan memberi saran atau kiat yang berasal dari pengalaman langsung.

Bagi seorang yang mengalami masalah, teman dan keluarga masih tetap menjadi sumber dukungan yang penting, tetapi mereka kadang tak dapat sepenuhnya memahami apa yang dialami orang tersebut. Kelompok pendukung hadir untuk membantu pada sisi itu.

Kelompok pendukung (support group) menunjukkan seseorang tidak sendirian. Ada orang-orang yang saling memberi motivasi, memberi dukungan emosional dan sosial.