Belajar cara belajar

Ada dua dimensi dalam proses belajar. Pertama, apa yang Anda pelajari. Kedua, bagaimana proses atau cara Anda belajar. Dimensi yang kedua ini sangat menentukan. Anda perlu lebih memahami apa yang sebenarnya terjadi pada diri Anda ketika Anda belajar. Dengan begitu, Anda dapat meningkatkan pembelajaran Anda.

Bagaimana metode untuk mempelajari cara belajar?

Kenali gaya belajar Anda. Salah satu contoh proses belajar adalah apakah Anda harus mengawali belajar dengan mempelajari konsep lebih dulu, baru kemudian melakukan praktik. Atau sebaliknya, Anda mencoba melakukan lebih dulu, setelah itu dilanjutkan dengan mencoba memahami konsep.

Belajarlah terus-menerus. Informasi baru akan bertahan dalam otak Anda, bila Anda tidak berhenti memasukkan informasi ke dalam otak dan mempraktikannya. Sebagai contoh, jika Anda mempelajari bahasa baru, teruslah berlatih bahasa tersebut untuk mempertahankan pencapaian yang sudah Anda capai sebelumnya.

Belajar dengan lebih dari satu cara. Anda dapat menyerap informasi melalui membaca buku, mendengarkan podcast, dan menonton youtube. Jangan hanya mengandalkan pendengaran untuk menyerap informasi. Tapi coba juga cara menyerap yang lain, yaitu secara verbal dan visual. Dengan belajar lebih dari satu cara, Anda semakin memperkuat pengetahuan yang diserap oleh otak.

Bila semakin banyak wilayah otak Anda dapat memproses dan menyimpan data tentang suatu subjek, maka semakin banyak interkoneksi yang terjadi dalam otak.