Memahami penolakan lamaran kerja

Kalau Anda melamar pekerjaan dan hasilnya Anda ditolak, apa yang biasa Anda lakukan?

Kalau penolakan Anda terima secara tertulis melalui surat, tak ada gunanya menganalisa isi surat karena biasanya alasan penolakan yang sebenarnya tak mungkin dijelaskan.

Kalau penolakan Anda terima secara lisan dengan bertemu langsung si pihak pemberi kerja atau perekrut, maka Anda punya kesempatan meminta umpan balik. Bila memungkinkan, mintalah penjelasan yang rinci mengapa Anda tak berhasil memperoleh pekerjaan yang Anda lamar.

Umpan balik yang rinci dapat memberi informasi yang penting mengenai Anda misalnya ternyata ada keterampilan khusus tertentu yang dicari sementara Anda belum memilikinya. Dengan begitu, Anda mungkin perlu mengambil kursus atau pelatihan untuk melengkapi dan mengembangkan keahlian diri Anda.

Anda juga dapat merefleksikan hal-hal yang Anda peroleh ketika proses umpan balik atau proses saat wawancara. Bisa jadi proses itu menyadarkan Anda kalau pekerjaan yang Anda lamar memang bukan yang sebenarnya Anda inginkan berdasar minat atau keahlian yang Anda miliki. Pengalaman Anda tersebut dapat membantu Anda menimbang apa sebenarnya jenis pekerjaan yang Anda cari.

Mengalami dan mengatasi penolakan memang tak mudah, tetapi proses semacam itu memberi pengetahuan lebih banyak tentang diri Anda.