Informasi tentang YouTube

Ini adalah informasi tentang YouTube. Informasi ini saya tulis pendek-pendek saja. Informasi saya kumpulkan secara acak dari berbagai sumber.

- Para pendiri YouTube, yakni Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim tidak pernah merencanakan membuat YouTube seperti yang kita kenal sekarang. YouTube pada awalnya adalah situs video kencan yang bernama "Tune In Hook Up". Situs ini dipengaruhi oleh HotorNot.

Inspirasi yang menjadikan YouTube seperti sekarang ini bisa diarahkan pada dua peristiwa yang berbeda. Yang pertama adalah ketidakberhasilan Jawed Karim Karim menemukan rekaman online tentang "wardrobe malfunction" dari Janet Jackson. Yang kedua adalah ketika Chad Hurley dan Steve Chen tidak dapat berbagi rekaman video dari pesta makan malam karena keterbatasan dari e-mail attachment.

- YouTube kemudian berubah menjadi platform berbagi video secara online. Tiga pendiri (Chad Hurley, Steve Chen, Jawed Karim) menciptakan YouTube pada Februari 2005. Google kemudian membelinya pada November 2006. YouTube sekarang beroperasi sebagai salah satu anak perusahaan Google.

- Pada tanggal 3 Agustus 2020 lalu, setelah 15 tahun memiliki blog, YouTube meluncurkan kembali blog resminya dengan desain baru dan struktur informasi baru, yaitu YouTube Official Blog.

Dalam blog baru ini, ada jenis konten yang dibagi dalam empat topik, yaitu Berita dan Acara (News & Events); Kisah Pencipta dan Artis (Creator & Artist Stories); Budaya dan Tren (Culture & Trends); dan Cerita Orang-Orang Di Balik Layar Youtube (Inside YouTube).

- YouTube menyatakan bahwa 15 detik pertama dari video Anda adalah kunci.

- Pada bulan Mei 2019, Susan Wojcicki, CEO YouTube, dalam sebuah acara mengungkapkan bahwa YouTube saat ini memiliki 2 miliar pengguna aktif bulanan.

- Lebih dari 70% waktu menonton YouTube berasal dari perangkat seluler.

Informasi lain akan ditambahkan secara berkala.