Sekilas tentang Isaac Asimov

"Life is pleasant. Death is peaceful. It’s the transition that’s troublesome." Isaac Asimov

Isaac Asimov adalah seorang biokimiawan dan penulis yang sangat produktif. Ia menulis lebih dari 400 buku sains dan fiksi ilmiah. Meski ia menulis beragam topik, tapi ia lebih terkenal sebagai penulis fiksi ilmiah.

Stephen Johnson memaparkan dalam artikel pendeknya, ​“In 1983, Isaac Asimov predicted the world of 2019. Here's what he got right”, bahwa pada tahun 1983, Isaac menulis prediksi yang akan terjadi untuk masa depan manusia. Prediksi berkisar di dua tema utama, yaitu komputerisasi dan pemanfaatan ruang angkasa.

Melalui karyanya, Isaac berupaya mengomunikasikan gagasan-gagasan yang filosofis dan ilmiah. Ia percaya bahwa melalui peningkatan kesadaran intelektual maka akan terjadi kemajuan masyarakat.

Salah satu pendapatnya yang cukup terkenal adalah ia meyakini bahwa pendidikan diri secara mandiri adalah satu-satunya jenis pendidikan yang paling penting.

Referensi:

Wikipedia: Isaac Asimov.

The World Economic Forum: In 1983, Isaac Asimov predicted the world of 2019. Here's what he got right.

Brain Pickings: Isaac Asimov on the Thrill of Lifelong Learning, Science vs. Religion, and the Role of Science Fiction in Advancing Society.