Pentingnya minimalisme digital

Apakah Anda sudah kecanduan semua yang digital, mulai dari media sosial, instagram, youtube, hingga SMS secara terus menerus? Apakah semua perhatian Anda mengarah pada dunia digital sehingga mengurangi produktivitas Anda?

Cal Newport mengingatkan agar kita mengelola secara sengaja dan selektif penggunaan kita akan teknologi. Ia menyebut konsepnya sebagai minimalisme digital (digital minimalism).

Cal Newport mendefinisikan minimalisme digital sebagai filosofi yang membantu Anda mempertanyakan apa alat-alat komunikasi digital (dan perilaku di sekitar alat tersebut) yang menambah hal-hal paling bernilai dalam hidup Anda. Hal ini dimotivasi oleh keyakinan untuk secara sengaja dan agresif menghilangkan kebisingan digital yang bernilai rendah, dan mengoptimalkan penggunaan alat-alat yang benar-benar penting, yang dengan itu Anda dapat secara signifikan meningkatkan kehidupan Anda

Abaikan semua aplikasi dan layanan yang menawarkan hanya kenyamanan atau pengalihan sesaat bagi Anda. Fokuskan waktu yang Anda habiskan secara online pada hal-hal yang memberi Anda sesuatu yang penting dan bernilai.