Mengendalikan emosi

Anda pernah merasa kecewa atau sedih? Anda pernah merasa frustasi atau marah? Saya yakin Anda pernah mengalaminya. Itu adalah emosi dan emosi adalah bagian normal dari kehidupan sehari-hari.

Ada waktu-waktu emosi dapat berubah menjadi tidak terkendali. Pada saat seperti ini, Anda dapat melakukan dan mengatakan hal-hal yang kemudian Anda sesali. Lalu, bila ada dalam situasi seperti ini bagaimana cara mengendalikan emosi?

Ada sejumlah keterampilan yang dapat membantu kita mengatur emosi kita sendiri.

1. Tarik napas Anda dalam-dalam. Beri diri Anda waktu sejenak untuk memproses apa yang terjadi. Jangan langsung bereaksi.

2. Buatlah ruang. Gerakkan tubuh Anda dengan tenang. Bila memungkinkan ambil jarak dari orang atau benda di sekitar Anda.

3. Perhatikan apa yang Anda rasakan. Sadari reaksi fisik Anda. Bagian tubuh mana Anda yang merasakan sensasi? Apakah Anda merasakan ketegangan di leher atau kepala Anda? Apakah jantung Anda berdebar kencang?

Bertanyalah pada diri Anda sendiri atau tubuh Anda sendiri apa yang sebenarnya dirasakan. Hal ini secara fisik dapat mengalihkan fokus Anda dan menghilangkan besarnya tekanan dari emosi yang muncul.