Situs dengan desain yang sangat minimal

Minimalisme adalah salah satu tren desain website yang populer. Website atau blog dibuat dengan tata letak yang tampak sederhana.

Saya coba menelusuri dan mengumpulkan situs populer yang memiliki pendekatan minimalis dalam desainnya. Situs-situs ini tak mengandung iklan serta sangat sedikit atau jarang menggunakan gambar (image) dalam post-nya. Kalau diamati sepertinya hanya ada menu navigasi dan teks.

1. Zen Habits

Zen Habits adalah blog yang dibuat oleh Leo Babauta. Leo Babauta adalah seorang pelaku gaya hidup minimalis; seorang vegan dan pelari. Konten dalam blognya membahas tentang kebahagiaan, kesehatan, berhemat, dan kesederhanaan.

2. Exile Lifestyle

Exile Lifestyle adalah blog yang dibuat oleh Colin Wright. Ia adalah seorang pengembara. Konten dalam blognya selain membahas refleksi Colin mengenai tempat yang ia datangi, juga refleksi tentang kebahagiaan dan apa arti sukses.

3. Naval

Naval adalah blog yang dibuat oleh Naval Ravikant. Ia adalah seorang investor. Konten dalam blognya membahas topik-topik seperti bisnis, investasi, teknologi, dan pengetahuan.

4. Virtu Wise

Virtu Wise adalah blog yang dibuat oleh Angelo Luciani. Ia adalah seorang pengamat teknologi. Konten dalam blog ini membahas tentang isu-isu teknologi, virtualisasi, cloud, dan relasi antara teknologi dengan komunitas.

Salah satu kunci desain minimalis pada website atau blog adalah adalah penggunaan ruang putih (white space). Ruang putih di sini tidak berarti harus menggunakan berwarna putih, warna apa pun dapat digunakan.