Menggugah kesadaran publik

Banyak masalah yang membutuhkan partisipasi publik untuk ikut mencari solusinya seperti masalah sampah, perlindungan terhadap alam dan lingkungan, hak asasi manusia, kekerasan terhadap perempuan, hingga masalah-masalah yang terjadi dua tahun terakhir, yakni penanganan pandemi.

Bila Anda ingin menarik kesadaran publik tentang isu atau masalah tertentu, maka Anda perlu membuat kampanye dengan pesan khusus.

Seperti apa cara atau bentuk kampanye untuk menggugah kesadaran publik:

- Bekerja sama dengan sekolah untuk dapat membuat acara atau program kampanye tentang suatu isu. Masuk melalui pintu pendidikan formal merupakan salah satu cara berkampanye yang terbaik karena bertemu dengan individu-individu terdidik dan sedang dalam proses belajar.
- Membuat konten dalam bentuk tulisan (artikel) atau video yang dapat dimasukkan ke media lokal dan media nasional. Media ini bisa berupa surat kabar, program TV, atau siaran radio.
- Membuat situs web khusus yang semua kontennya dirancang terkait suatu isu tertentu.
- Membuat film dokumenter.

Agar dapat menggugah kesadaran publik dan menjangkau sebanyak mungkin orang, kampanye harus fokus pada isu-isu nyata yang paling relevan dengan kehidupan masyarakat. Pesan terkait isu tersebut harus jelas dan sederhana. Kampanye juga perlu dilakukan secara berkelanjutan dari waktu ke waktu.