Cerdas dalam pembuatan keputusan

Ada yang mengatakan kalau Anda cerdas dalam pembuatan keputusan maka Anda memiliki kunci menjalani kehidupan terbaik Anda.

Apa yang menjadikan seseorang cerdas dalam pembuatan keputusan?

Saya mungkin perlu mulai dari apa yang saya yakini merupakan ciri-ciri orang yang cerdas (termasuk cerdas dalam pembuatan keputusan), yaitu:

- Memiliki keingintahuan yang terus-menerus. Memiliki banyak pertanyaan. Selalu penasaran.

- Berpikiran terbuka. Mau melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain. Mempertimbangkan berbagai sudut pandang secara cermat sebelum merumuskan pendapat sendiri.

- Dapat membuat hubungan antara hal-hal yang tampak tak saling berhubungan. Mampu melihat atau mengenali adanya pola-pola dari fenomena atau peristiwa.

Tiga hal yang saya sebut di atas adalah semacam fondasi. Namun, itu belum sepenuhnya menjadikan Anda cerdas dalam pembuatan keputusan. Ada kebiasaan-kebiasaan yang perlu dilatih guna mendampingi keterampilan membuat keputusan.

Pertama, mampu membingkai permasalahan secara berbeda. Cara Anda memandang permasalahan dan cara Anda mengajukan pertanyaan-pertanyaan terkait permasalahan berperan utama dalam tindakan Anda selanjutnya.

Kedua, menyediakan waktu untuk merenungkan pilihan tindakan yang telah dilakukan. Biasakanlah setiap hari meninjau pilihan tindakan yang sudah Anda buat sepanjang hari. Carilah pelajaran yang bisa dipetik, terutama dari kesalahan yang Anda lakukan.