Pengendalian diri

Pengendalian diri adalah kemampuan mengelola reaksi atau tanggapan Anda untuk meningkatkan perilaku yang diinginkan dan menghindari perilaku yang tidak diinginkan.

Melalui pengendalian diri, Anda dapat menahan hasrat, keinginan, atau dorongan jangka pendek untuk mengejar tujuan jangka panjang. Pengendalian diri sebaiknya Anda terapkan terhadap semua yang Anda sedang lakukan atau ingin lakukan.

Bagaimana Anda mempraktikkan pengendalian diri? Bagaimana Anda dapat bertahan atau terus melakukan sesuatu yang sudah Anda putuskan?

Pertama, melatih dan menjaga kesadaran. Kesadaran adalah kemampuan untuk memusatkan perhatian pada proses saat ini atau di masa sekarang. Dengan menjaga terus kesadaran, Anda dapat mengingatkan diri sendiri mengenai konsekuensi-konsekuensi dari perilaku Anda.

Ketiga, buatlah perencanaan. Dengan membuat perencanaan, Anda sebenarnya sedang mengantisipasi atau menimbang situasi dan kondisi yang mungkin menghambat atau menggugurkan itikad atau niatan Anda.

Kedua, menghindari godaan. Bila sebuah keinginan muncul dan itu mengarah pada perilaku yang tidak diinginkan carilah pengalih perhatian.