Kecepatan laman (page speed)

Apa itu kecepatan laman (page speed)?

Backlinko mendefinisikan kecepatan laman (page speed) adalah jumlah waktu yang diperlukan untuk memuat laman web.

Moz mendefinisikan kecepatan laman (page speed) sebagai ukuran seberapa cepat konten pada halaman Anda dimuat/tampil.

Kecepatan laman (page speed) penting untuk pengalaman pengguna (user experience). Bila pengguna (user) membuka sebuah laman dan laman tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk tampil/terbuka maka pengguna bisa saja pergi, menutup laman itu dan membuka situs yang lain.

Google sepertinya menggunakan kecepatan laman (page speed) sebagai salah satu sinyal dari algoritma Google ketika menentukan peringkat suatu laman (rank pages).

Jeremy Wagner dalam artikelnya, "Why Performance Matters" menyatakan:

“As a site begins to load, there's a period of time where users wait for content to appear. Until this happens, there's no user experience to speak of. This lack of an experience is fleeting on fast connections. On slower connections, however, users are forced to wait. Users may experience more problems as page resources slowly trickle in.

Performance is a foundational aspect of good user experiences. When sites ship a lot of code, browsers must use megabytes of the user's data plan in order to download the code. Mobile devices have limited CPU power and memory. They often get overwhelmed with what we might consider a small amount of unoptimized code. This creates poor performance which leads to unresponsiveness. Knowing what we know about human behavior, users will only tolerate low performing applications for so long before abandoning them.”

Salah satu cara memeriksa kecepatan laman adalah dengan menggunakan The PageSpeed Insights milik Google. Alat ini memberi Anda informasi tentang seberapa baik kinerja website Anda dalam kecepatan untuk versi desktop dan mobile.

Saya mencoba menggunakan The PageSpeed Insights untuk memeriksa website dari beberapa orang yang kontennya sering saya baca. Mereka ini adalah orang-orang yang juga sering menyampaikan pentingnya memperhatikan web performance. Website itu adalah milik Tim Kadlec, Luke Wroblewski, Ethan Marcotte, dan Brad Frost. Hasilnya, semua website itu memiliki skor di atas 90 baik pada versi desktop, maupun mobile.

Pada tahun 2018, Google melakukan penelitian dan hasilnya 53% pengguna mobile meninggalkan suatu website yang membutuhkan lebih dari tiga detik untuk tampil. Ini artinya lebih cepat tentu lebih baik.

Sumber:

Backlinko: Page Speed and SEO.

Moz: Page Speed.

Google Webmaster Central Blog: Using site speed in web search ranking.

Google Developers: Why Performance Matters.

Think With Google: Find out how you stack up to new industry benchmarks for mobile page speed.