Informasi dan referensi tentang COVID-19

Saya coba mengumpulkan sejumlah informasi dan referensi yang berkaitan dengan COVID-19. Semua ini untuk membantu siapa pun yang ingin mempelajari COVID-19.

Informasi 1. COVID Papers by Sachin J. Shah

Sachin J. Shah adalah seorang Assistant Professor di University of California San Francisco (UCSF). Ia menghimpun literatur mengenai COVID dari artikel PubMed. Jumlahnya ada lebih dari 1.300 artikel.

Informasi 2. Global MediXchange for Combating COVID-19 - Alibaba Cloud

Global MediXchange for Combating COVID-19 (GMCC) adalah hasil inisiatif antara Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation, yang juga bekerja sama dengan Zhejiang University School of Medicine. Di dalam website GMCC ini terdapat panduan komprehensif (artikel, buku panduan, video) tentang bagaimana memerangi coronavirus dari pengalaman China.

Salah satu yang dibagi melalui website ini adalah Handbook of COVID-19 Prevention and Treatment (versi Bahasa Indonesia).

Informasi 3. Covid-19 Open Research Dataset (CORD-19)

Para ilmuwan di Allen Institute for AI membangun dan merilis CORD-19 bekerja sama dengan beberapa lembaga penelitian terkemuka membuat Covid-19 Open Research Dataset (CORD-19).

Basis data di website ini dikompilasi atas permintaan The White House Office of Science and Technology Policy (OSTP) melalui kerja sama tiga organisasi, yaitu The National Library of Medicine (NLM) dari The National Institutes of Health; Microsoft; dan The Allen Institute for Artificial Intelligence (AI2).

Di dalam website ini ada lebih dari 26.000 makalah penelitian dari jurnal yang diulas bersama berbagai ilmuwan dan peneliti. Penelitian yang dibahas mencakup SARS-CoV-2, Covid-19, dan kelompok coronavirus. Koleksi literatur ilmiah dalam website ini terus diperbarui secara real-time.

Informasi 4. Understanding the Outbreak - AP News

Para jurnalis dari The Associated Press melalui website AP News menyajikan berita-berita dan laporan investigatif mengenai coronavirus. Informasi diperbarui secara reguler.

Informasi 5. Google COVID-19 Information and Resources

Google membuat website guna membantu dan memberi sumber daya yang berhubungan dengan COVID-19. Fokus dari website adalah pada pendidikan, pencegahan, dan sumber daya lokal. Di dalam website dapat ditemukan informasi berbasis negara, tip keselamatan dan pencegahan, tren pencarian terkait dengan COVID-19, dan sumber daya lebih lanjut untuk individu, para pendidik, dan kalangan bisnis.

Informasi 6. A coronavirus reading guide for the perplexed, the anxious, and the obsessive - Vox

Vox melalui para jurnalisnya mengumpulkan sejumlah artikel, makalah, wawancara, dan podcast mengenai coronavirus. Informasi diperbarui secara reguler.

Informasi 7. COVID-19 Stats and Research - Our World in Data

Dalam website Our World in Data disajikan kumpulan statistik, hasil penelitian, dan data terkait COVID-19. Laman data ini disusun oleh Max Roser, Hannah Ritchie, Esteban Ortiz-Ospina, dan Joe Hasell. Informasi diperbarui secara reguler.

Informasi 8. Coronavirus tracked: the latest figures as the pandemic spreads - The Financial Times

Para jurnalis dan analis di The Financial Times melalui websitenya membuat laman yang menyajikan laporan dan data mengenai coronavirus. Informasi dalam website ini biasanya berbayar, tetapi terkait topik ini semua informasi dapat diakses dan dibaca secara bebas. Informasi diperbarui secara reguler.

Informasi 9. Real-time COVID-19 Map - CSSE at Johns Hopkins University

Laman website yang merupakan real-time dashboard mengenai COVID-19 di semua negara yang ada di dunia. Dashboard ini dibuat oleh Center for Systems Science and Engineering (CSSE) dari Johns Hopkins University.

Di dalam laman website ini terdapat informasi terkini dari kasus COVID-19, serta angka kematian, angka kesembuhan, dan hal lain-lainnya dari negara-negara di seluruh dunia. Informasi diperbaharui secara real-time.

Informasi 10. Bacaan mengenai penggunaan masker terkait COVID-19

Smart Air: What Are The Best Materials for Making DIY Masks?. Written by Paddy Robertson.

The Atlantic: Everyone Thinks They’re Right About Masks. Written by Ed Yong.

Sui Huang at Medium: COVID-19: WHY WE SHOULD ALL WEAR MASKS — THERE IS NEW SCIENTIFIC RATIONALE. Written by Sui Huang.

Vox: The evidence for everyone wearing masks, explained. Written by German Lopez.

Saya akan menambahkan bila ada informasi dan referensi lain yang baru.