Sekilas tentang industri aplikasi seluler (mobile app)

Bisnis aplikasi seluler (mobile app) melaju pesat. Mansoor Iqbal dalam artikelnya App Download and Usage Statistics (2019) mengulas mengenai statistik dari aplikasi. Saya mengutip beberapa informasi dalam atikel tersebut, yakni:

  • Ada lebih dari lima miliar pengguna seluler di dunia.
  • 194 miliar aplikasi yang diunduh pada tahun 2018.
  • 105 miliar aplikasi yang diunduh melalui Google Play Store dan iOS App Store.
  • Aplikasi yang paling banyak digunakan adalah aplikasi media sosial (social media apps). Lima apikasi di peringkat teratas adalah Facebook, WhatsApp, Facebook Messenger, WeChat, dan Instagram.

Apa itu aplikasi seluler? Ini definisi yang saya kutip dari Wikipedia:

“A mobile application, also referred to as a mobile app or simply an app, is a computer program or software application designed to run on a mobile device such as a phone, tablet, or watch.”

Berkembangnya bisnis apilikasi tak terhindarkan seiring dengan banyaknya aktivitas yang sekarang kita lakukan melalui teknologi mobile (mobile technology), seperti mengonsumsi konten, membeli barang, bermain (game), dan tentu saja berkomunikasi.

George Berkowski, penulis buku How To Build A Billion Dollar App menyatakan bahwa penyebab awal berkembangnya bisnis aplikasi seluler (mobile app) paling tidak bisa ditelusuri dari dua peristiwa. Pertama, ketika Steve Job pada tahun 2007 memperkenalkan alat teknologi baru Apple, yaitu iPhone. Kedua, ketika Apple memperkenalkan App Store.

Dalam sebuah percakapan, Jamie White bertanya kepada George Berkowski, apa tiga saran yang dapat George bagikan pada mereka yang sedang membuat sebuah aplikasi.

George menjawab yang pertama adalah Anda harus membuat sesuatu yang benar-benar disukai oleh orang banyak. Buatlah sesuatu yang unik, yang berbeda, jangan sekadar meniru yang sudah ada, temukan ceruk Anda dalam pasar (market).

Yang kedua adalah memikirkan mengenai waktu yang tepat (timing) karena apa yang hebat di satu atau dua tahun yang lalu belum tentu akan hebat lagi di masa kini. Orang-orang yang akhirnya sukses memiliki kemampuan untuk melihat ke masa depan, sedikit demi sedikit, secara berkala 1 sampai dengan 3 tahun, karena mereka berpikir apa yang mereka buat hari ini adalah luar biasa tetapi semua orang mungkin menganggap itu bodoh.

Yang ketiga adalah Anda harus mendukung semua itu dengan ketekunan dan kegigihan. Orang selalu keliru/gagal pada kali pertama, kedua, atau ketiga. Mungkin hanya satu dari jutaan orang yang berhasil melakukannya dengan benar pada kali pertama.

Pada salah satu presentasinya, George menyinggung ada hal-hal yang potensial dikembangkan menjadi bisnis, termasuk dalam industri aplikasi seluler. Apa yang disebut oleh Geoge itu adalah “67 Human Universal” yang berasal dari penelitian Antropologi yang dilakukan Donald E. Brown. Menurut Donald, enam puluh tujuh hal yang universal itu adalah:

“comprise those features of culture, society, language, behavior, and psyche for which there are no known exceptions.”

Saya menyalin informasi mengenai human universal yang disampaikan oleh George dalam persentasinya tersebut (saya coba membuat terjemahan bebasnya). Berikut enam puluh tujuh hal tersebut:

Age-grading (penilaian usia); athletic sports (olahraga atletik); bodily adornment (penghiasan tubuh); calendar (kalender); cleanliness training (pelatihan kebersihan); community organization (pengorganisasian komunitas); cooking (memasak); cooperative labor (kerja yang berbasis kerja sama); cosmology (study of the universe) [kosmologi (studi tentang alam semesta)]; courtship (masa berpacaran); dancing (menari); decorative art (seni dekoratif); divination (predicting the future) [ramalan (memprediksi masa depan)]; division of labor (pembagian kerja); dream interpretation (interpretasi mimpi); education (pendidikan); eschatology (what happens at the end of the world) [eskatologi (apa yang terjadi di akhir dunia)];

Ethics (etika); ethno-botany (the relationship between humans and plants) [etno-botani (hubungan antara manusia dan tumbuhan)]; etiquette (etiket); faith healing (penyembuhan melalui iman, agama, atau doa); family feasting (pesta perjamuan keluarga); fire-making (keterampilan pembuatan api); folklore (cerita rakyat); food taboos (larangan mengkonsumsi makanan tertentu); funeral rites (upacara pemakaman); games (permainan); gestures (gerak-gerik); gift-giving (pemberian hadiah); government (pemerintahan); greetings (salam pembuka); hailing taxis (pemanggilan taxi); hair styles (gaya rambut); hospitality (perhotelan); housing (perumahan); hygiene (kebersihan/kesehatan); incest taboos (aturan/norma budaya yang melarang hubungan seksual antara orang-orang yang memiliki hubungan dekat/hubungan darah); inheritance rules (aturan tentang hukum waris); joking (bercanda); kin groups (kelompok kekerabatan); kinship nomenclature (the system of categorising relatives) [nomenklatur kekerabatan (sistem kategorisasi kekerabatan)];

Language (bahasa); law (hukum); luck superstitions (takhayul tentang keberuntungan); magic (sulap); marriage (pernikahan); mealtimes (waktu makan); medicine (obat-obatan); obstetrics (studi mengenai kehamilan dan kelahiran); pregnancy usages (childbirth rituals) [kehamilan (ritual terkait kelahiran)]; penal sanctions (punishment of crimes) [sanksi pidana (hukuman terhadap kejahatan)]; personal names (nama pribadi); population policy (kebijakan kependudukan); postnatal care (perawatan pasca kelahiran); property rights (hak milik); propitiation of supernatural beings (pembersihan dari makhluk supranatural); puberty customs (adat istiadat terkait dengan masa pubertas); religious ritual (ritual keagamaan); residence rules (aturan tempat tinggal); sexual restrictions (pembatasan seksual); soul concepts (konsep mengenai jiwa); status differentiation (diferensiasi status); surgery (operasi); tool making (pembuatan alat); trade (perdagangan); visiting (kunjungan); weather control (pengaturan cuaca); weaving (menenun).

Yang saya beri tanda warna biru adalah hal-hal yang saat ini menurut George sudah menjadi bisnis bernilai miliaran.

Sumber:

App Download and Usage Statistics (2019).

Wikipedia: Mobile app.

JAMIE WHITE MEETS GEORGE BERKOWSKI - HOW TO BUILD A BILLION DOLLAR APP.

How to build a Billion Dollar app? | George Berkowski | TEDxCityUniversityLondon.

67 Human Universals.