Percakapan antara Mark Zuckerberg & Yuval Noah Harari

Dalam video percakapan, Mark Zuckerberg & Yuval Noah Harari in Conversation, Mark dan Yuval berbincang mengenai teknologi. Berikut cuplikan dari percakapan yang menurut saya menarik.

Mark Zuckerberg: Salah satu pertanyaan saya adalah fragmentasi dan personalisasi dari upaya menemukan apa yang sebenarnya Anda pedulikan adalah dua sisi dari mata uang yang sama.

Tantangan besar yang saya khawatirkan adalah apakah ada sejumlah orang yang tertinggal di dalam transisi adalah orang-orang sebelumnya bermain di liga kecil (little league), namun sekarang belum menemukan komunitas baru mereka dan sekarang mereka merasa terkucilkan. Mungkinkah orientasi utama mereka di dunia, masih ada pada komunitas fisik di mana mereka berada atau mereka belum dapat menemukan komunitas orang-orang yang mereka minati. Dan ketika dunia telah berkembang, saya pikir banyak orang merasa tersesat karenanya.

Dan itu mungkin berkontribusi pada apa yang menjadi hipotesis saya, paling tidak maksud saya itu adalah versi sosialnya, ada juga versi ekonomi seputar globalisasi yang menurut saya sama pentingnya, tetapi saya ingin tahu apa yang Anda pikirkan tentang itu.

Yuval Noah Harari: Tentang isu sosial tersebut, komunitas online dapat menjadi hal yang luar biasa, tapi itu tak mampu mengganti komunitas fisik karena masih banyak yang dapat Anda lakukan dengan tubuh Anda dan teman fisik Anda.

Anda dapat bepergian dengan pikiran Anda ke seluruh dunia, tetapi tidak dengan tubuh Anda. Ada pertanyaan besar tentang biaya dan manfaat yang terkait dengan itu (cost and benefits); juga kemampuan orang untuk melarikan diri bila ada hal-hal yang tidak mereka sukai di komunitas online, Anda tak dapat melakukannya (melarikan diri) di komunitas offline yang nyata.

Maksud saya, Anda dapat menghapus pertemanan dengan teman-teman Facebook Anda, tetapi Anda tidak dapat menolak bertetangga dengan tetangga yang tidak ramah. Anda bisa saja pergi dan pindah ke negara lain jika Anda memiliki sarana, tetapi kebanyakan orang tidak bisa.

Jadi, bagian dari logika suatu komunitas tradisional adalah Anda harus belajar bergaul dengan orang yang tidak Anda sukai dan Anda harus mengembangkan mekanisme sosial bagaimana melakukannya. Dengan komunitas online, meski komunitas ini telah melakukan beberapa hal yang sangat indah bagi banyak orang, tetapi komunitas ini tidak memberi kita pengalaman bagaimana melakukan hal-hal yang sulit namun penting tersebut.