Pemberi pengaruh (influencer)

Pemberi pengaruh (influencer) adalah orang yang bila ia bertindak dan mengatakan atau berpendapat mengenai sesuatu maka orang lain akan melihat dan mendengarkan. Bahkan pemberi pengaruh yang sesungguhnya bukan hanya dapat membuat orang memperhatikannya, namun dapat menggerakkan orang untuk melakukan tindakan tertentu.

Di internet, para pemberi pengaruh ini umumnya aktif membuat konten melalui blog dan aktif di media sosial. Di dunia marketing, mereka adalah orang-orang yang memberi rekomendasi, melakukan advokasi terhadap merek tertentu, juga menjadi promotor terhadap ceruk (niche) tertentu.

Ada beberapa jenis pemberi pengaruh menurut infografik dari Traackr, yaitu: The Celebrity, The Authority, The Connector, The Personal Brand, The Analyst, The Activist, The Expert, The Insider, The Disruptor, dan The Journalist.

Apa yang membuat seseorang dapat masuk kategori pemberi pengaruh yang menonjol dan penting?

Menurut saya ada dua hal. Pertama, otoritatif (authority) dan kedua adalah mudah disukai (likeability).

Otoritatif (authority) artinya ia harus mengerti, memahami, dan memiliki pengetahuan atau keahlian mengenai hal tertentu sehingga apa yang ia sampaikan membuat orang percaya.

Disukai (likeability) artinya ia disenangi karena memiliki kualitas tertentu, di antaranya adalah otentik, mau mendengar, memiliki dan bersedia berbagi konten yang bermanfaat, dan membuka ruang untuk berdiskusi.