Generasi Z (Generation Z)

Generasi Z atau biasa disebut dengan Gen Z adalah generasi yang lahir setelah tahun 1995.

Mark McCrindle, seorang peneliti sosial yang aktif melakukan pengamatan dan penelitian mengenai Gen Z menyatakan bahwa generasi ini... most connected, educated and sophisticated generation in history”. Generasi ini bukan hanya merepresentasikan masa depan, namun mereka turut menciptakannya.

Deep Patel dalam blognya menampilkan sebuah post yang berisi infografik mengenai Gen Z. Di sana ada informasi tentang bagaimana generasi ini terlibat secara efektif dengan dunia sekitarnya. Ada enam poin yang disebutkan, yaitu:

Menyerap, memperhatikan, atau mengekspresikan segala hal secara visual (Visual); Mencoba dan melihat (Try and see); Berperan sebagai fasilitator (Facilitator); Memperhatikan proses (Process [how]), Berpusat pada belajar (Learner Centric), Membuka diri terhadap beragam sumber informasi (Open book world).

Menurut Deep Patel dalam artikelnya di Forbes, Gen Z adalah generasi pertama yang lahir pada masa internet dan teknologi mobile telah menjadi bagian hidup keseharian mereka. Mereka sangat fasih menggunakan teknologi dan sangat sadar betapa bernilainya perhatian (attention) yang mereka miliki.

Gen Z menginginkan semua sumber daya yang memberi mereka informasi, pengetahuan, tutorial, atau hiburan benar-benar memberi apa yang mereka inginkan dan butuhkan. Jika Anda coba-coba memberi sesuatu yang mereka anggap sebagai halangan (misal: iklan), mereka tak akan capek-capek mengeluh. Mereka akan pergi dari Anda dan mencari sumber daya lainnya.